Wednesday, February 24, 2016

Apa itu Index LQ45? LQ45 adalah?

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apa itu LQ45? mengapa menjadi salah satu index saham di Indonesia. Sebenarnya LQ45 merupakan suatu perhitungan terhadap saham-saham di Indonesia yang masuk kriteria likuid (Liquid). Apa itu saham liquid? Saham liquid adalah saham yang sering diperjual belikan di pasar dengan artian saham-saham yang liquid adalah saham yang mudah untuk dicari dipasar juga setiap pasar buka, mudah untuk membeli maupun menjual saham. Namun seberapa liquid biasanya ada perhitungan tersendiri. BEI mungkin memiliki perhitungan sendiri untuk mendapatkan saham yang masuk LQ45. Jadi menurut saya LQ45 adalah daftar saham paling liquid di Indonesia dengan perhitungan tertentu.

LQ45 merupakan index yang juga dijadikan patokan bagi saham-saham yang bisa dibeli dengan pembiayaan atau saham-saham marjin. Saham-saham marjin adalah saham yang bisa dibeli dengan pembiayaan atau kita bisa ngutang ke perusahaan efek untuk membeli saham. Namun syaratnya panjang bro kalau mau buat rekenening marjin, Tapi saya recommend kalau mau untuk besar ya pake account marjin biar untung lebih besar namun risk pun lebih besar. hehe

Sumber : Yahoo finance

Namun saham marjin tidak hanya saham pada LQ45 namun juga 5 saham lainnya.
Kembali lagi ke LQ45, index ini juga mencerminkan saham-saham yang memiliki volume penjualan harian yang cukup baik walupun menurut saya masih banyak saham-saham yang digoreng masuk kedalam index LQ45. Apa itu saham gorengan? yaitu saham yang menurut saya kadang volume tinggi sekali namun kadang sepi namun naik turun dan volatilitas tinggi juga bukan merupakan perusahaan perusahaan besar yang diketahui banyak orang. Biasanya saham gorengan yang masuk LQ45 bukan saham yang memiliki market cap yang besar juga.

semoga membantu.

No comments:

Post a Comment