Friday, March 27, 2015

Bagaimana Mencari Beta Perusahaan Terbuka

Sudah baca kan beta perusahaan itu apa? Bagi yang belum silahkan cari di blog ini ya.

Sekarang adalah mencari beta perusahaan. Beta perusahaan di post ini adalah beta perusahaan terbuka, selanjutnya akan ada mencari beta perusahaan tertutup dapat dicari juga di blog ini. Back to topic! Perusahaan terbuka cukup mudah mudah untuk dicari, karena data saham perusahaan yang akan dicari beta nya mudah untuk di download.



Step pertama dalam mencari beta perusahaan terbuka adalah mendownload data saham dan data pasar. Data saham perusahaan yang akan dicari beta nya di simpan perhari di Ms. Excel. Selanjutnya data pasar. Data pasar digunakan sebagai data pembandingnya jika di Indonesia bisa menggunakan IHSG. Namun lebih baik lagi untuk mencari beta perusahaan dengan index sektoral nya, seperti index perkebunan dan pertanian, properti dan konstruksi, dan sebagainya.

Step kedua dalam mencari beta perusahaan terbuka adalah mencari return pasar maupun return dari saham yang akan dicari beta nya. Karena mungkin ada perbedaan tanggal setiap datanya, ada baiknya untuk memeriksa setiap harga pada setiap harinya sama antara saham perusahaan dan index pasar. Karena setiap saya download data saham perusahaan selalu ada perbedaan waktu sehingga ada row yang harus dihapus pada harga index ataupun saham perusahaannya. setelah rapih ada baiknya untuk membuat return pasar dan return saham bersebelahan agar lebih mudah seperti gambar dibawah ini.


Step ketiga dalam mencari beta perusahaan terbuka adalah mencari betanya. Mudah nya dapat menggunakan rumus langsung dengan Ms. Excel adalah menggunakan formula =Slope(y,x).
Seperti rumu regresi linear yaitu Y= a + b X. dimana b adalah nilai Beta yang akan kita cari. X adalah data Pasar dan Y adalah data saham yang akan dicari beta. Sehingga didapatlah beta perusahaan seperti dibawah ini.



Cukup mudah bukan untuk mencari beta perusahaan terbuka? Untuk selanjutnya beta perusahaan tertutup cukup sulit, perlu kerja lebih banyak 5 kali dari mencari beta perusahaan terbuka. Tapi semua mudah jika dicoba. Semoga berguna bro!



3 comments:

  1. sangat membantu, oiya.. untuk mencari harga saham tahunan apakah harus menghitung rata-rata saham perhari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban itu tergantung data yang digunakan, ada yang menggunakan data harian ada juga yang langsung tahunan. data itu tergantung user saja. Tapi harus konsisten. jika data market menggunakan harian maka data saham pun harus data harian.

      semoga membantu.

      terima kasih

      Delete
  2. salam.
    Penelitian saya menggunakan data tahunan. lalu bagaimana cara mencari beta sahamnya setiap tahunnya?
    mohon bantuannya
    Terimakasih

    ReplyDelete