Wednesday, March 25, 2015

Beta Perusahaan Adalah

Beta perusahaan merupakan suatu indikator bagi suatu saham perusahaan untuk menentukan risiko pada perusahaan berdasarkan pasar bursa saham. Beta juga menunjukkan tingkat volatilitas suatu saham terhadap pasar, dimana semakin tinggi volatilitas maka dapat dikatakan juga bahwa saham tersebut berisiko dan sebaliknya jika semakin kecil nilai beta maka volatilitas terhadap pasar semakin kecil.

Volatilitas merupakan salah satu indikator risiko suatu saham, karena naik turun harga saham akan memberikan risiko tertentu pada suatu saham. Namun kembali lagi kepada investor, apakah investor akan membeli saham berisiko tinggi atau rendah. Sesuai dengan prinsip high risk high return, saya mengangga prinsip tersebut adalah dasar bagi suatu bisnis, sehingga semakin tinggi risiko akan membuat pengembalian atau return semakin tinggi.

source: reuters.com

Kembali lagi pada topik yaitu Beta. Nilai beta dapat dengan mudah ditentukan jika perusahaan terbuka, selain dengan membaca artikel atau situs investasi, dapat mengumpulkan data sendiri dan mengolahnya dengan membandingkan data pasar dan data saham yang akan dicari. Namun artikel untuk mencari beta perusahaan akan saya buat pada artikel selanjutnya untuk perusahaan terbuka maupun perusahaan tertutup.

Beta dapat bernilai dibawah 1, yang artinya bahwa saham tersebut memiliki volatilitas rendah yang juga lebih kecil dari pasar. Beta yang bernilai 1, artinya saham tersebut memiliki volatilitas yang sama dengan pasar sehingga setiap kenaikan pasar akan sama dengan kenaikan saham tersebut begitu juga sebaliknya jika pasar turun maka saham tersebut juga turun. Jika beta lebih tinggi dari 1, dapat diartikan bahwa volatilitas lebih besar dari pasar sehingga risiko saham akan lebih besar dari pasar atau bursa.

Sebagai contoh jika Saham A memiliki beta 1.5 dapat diartikan bahwa saham A memiliki volatilitas lebih tinggi sebesar 50% atau risiko meningkat 50% dari pasar.

Mudah bukan mengerti tentang beta perusahaan, selanjutnya akan saya buat artikel tentang bagaimana mencari beta perusahaan terbuka maupun perusahaan tertutup. Semoga membantu broo!

3 comments:

  1. selamat pagi pak, saya fitri sedang skripsi mengenai nilai perusahaan studi ksus perusahaan tertutup. mohon pencerahannya pak untuk menghitung beta saham pada perusahaan tertutup. sebelumnya terima kasih. mungkin bisa bales ke email saya pak fitrianamustanti@gmailcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik itu untuk mencari beta perusahaan tertutup. Saya belum buat post nya karena agak sibuk. Perusahaannya bidang apa? jika bidangnya ada beberapa yang mirip dengan emiten di bursa IDX bisa dicari menggunakan beta unleverage lalu di buat beta leverage.

      Delete
  2. cara menghitung beta itu gimana pak, , kalo mau ngitung beta per tahun, , terima kasih

    ReplyDelete