Tuesday, March 24, 2015

Bagaimana Mencari Return Saham dan Pasar

Mencari return saham atau juga menghitung return saham merupakan hal tidak cukup sulit hanya tinggal mencari dan menghitung melewati data harga suatu saham per suatu periode. Return saham suatu perusahaan dapat dicari dengan dengan data harga saham suatu periode dengan periode sebelumnya. Sebagai contoh return harian harga saham TLKM pada akhir perdagangan bursa adalah 3000 di hari Senin dan harga penutupan di hari Selasa adalah 3030 maka return saham hariannya adalah 1%. Bagaimana menghitung  return  saham tersebut, akan saya ilustrasikan sebagai berikut. Misalnya mencari return saham perusahaan A selama setahun dari tahun 2013 dan 2014 dengan :

  • Harga saham penutupan 2013 adalah Rp. 500,-
  • Harga saham penutupan 2014 adalah Rp. 600,-

Cara mencari return nya adalah (600-500)/500. Jadi return selama setahun saham perusahaan A adalah 20%.

Secara rumus dapat kita simpulkan bahwa mencari return saham adalah sebagai berikut:

Return = (Pt-Pt-1)/Pt-1

Dimana Pt adalah Harga saham periode ke-t dan Pt-1 adalah harga periode sebelumnya (t-1).

Namun untuk mencari return saham biasanya dicari return perhari sehingga lebih mudah menggunakan MS. Excel untuk mencari return selama yang Anda butuhkan. Misalkan 1 tahun dicari return Saham perusahaan B, dengan mencari return setiap hari lalu dicari rata-rata selama 1 tahun, sehingga lebih baik lagi.

Cara mencari return pasar pun mirip juga, yaitu harga index harga saham gabungan atau harga IHSG akhir dikurangi awal dan dibagi semua dengan harga IHSG awal.

Biasanya untuk IHSG dicari return setiap harinya untuk selama periode yang akan diperhitungkan. Misalkan saja dalam satu tahun dapat saja untuk dicari rata-rata dari return IHSG sebagai acuan. Namun terdapat cara yang sering saya gunakan adalah menggunakan MS. Excel yaitu dengan rumus
=FORECAST, seperti pada gambar ini


Rumus =FORECAST tersebut berisi (jumlah data, return harian, hari) namun setelah itu didapat return pasar harian. Setelah itu dicari return tahunan dengan mengalikan return harian tersebut dengan 240 atau 250 hari, tergantung dengan jumlah hari yang dianggap sebagai total dalam setahun pasar buka.

Berdasarkan gambar di atas tentang index harga saham gabungan tidak berbeda sama sekali dengan perhitungan return harga saham. Untuk mencari return ini tidak ada bedanya dengan harga saham, harga index, harga obligasi maupun harga kurs. Sehingga return itu merupakan peningkatan ataupun pertumbuhan suatu nilai pada periode tertentu. Perlu dicatat bahwa return dapat bernilai negatif sehingga jika nilai negatif maka nilai yang dicari mengalami penurunan.

Mudah bukan mencari return saham maupun return pasar! semoga bermanfaat brooo!

41 comments:

  1. itu kan data harian pak? klo saya pakai data bulanan dalam setahun. saya pakai 3 rahu 2012-2014. maka nnti yg dihasilkan return pertahun atau gabungan dari 3 tahun?berarti kalau dari 3 tahun(pakai average di excel) atau hanya ditanmah 3 tahun itu? mohon jawaannya pak. tks

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya, jika data yang dipakai data bulanan akan kurang terlihat real return. Namun jika memang menggunakan data selama 3 tahun bisa saja tidak masalah dan data bulanan, returnnya adalah return perbulan . Jika ingin menjadi return per tahun bisa dikalikan saja 12. Tapi biasanya yang digunakan untuk teman-teman saya yang melakukan fundamental analysis digunakan data harian saja, dan bisa dapat dikalikan 20 hari untuk perbulan atau dikalikan 245 untuk mendapatkan return per tahun.

    Semoga membantu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pa, mau tanya kalo diambilnya pertahun itu gimana ya? Penelitian saya dari tahun 2008-2017 ? Terimakasih

      Delete
  3. trimakasih pak atas penjelasannya, skrg saya sdg pakai data harian agar lebih mudah dalam perhitungan sesuai saran bapak, yg saya mau tnyakan dengan fungsi FORECAST contoh bapak diatas, angka 477 itu jumlah hari ya pak? dan saat perhitungan E(r)/Hari (477;kolom return;kolom hari ke) apa ini sudah rumusnya, bagaimana kalau kolom hari ke itu lebih dulu daripada kolom return pasa saat memasukkan rumus FORECAST, mohon penjelasannya,, dan kalau boleh saya minta dikirimkan contoh perhitungan diatas dgn excel ke email saya rizkisakinah.jamil@gmail.com . mohon maaf merepotkan,, terimakasih banyak pak

    ReplyDelete
  4. mas admin,. mau tanya nii. rumus menghitung rate of return diatas gmna ya caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa saya balas semua pertanyaannya,

      untuk menghitung rate of return bisa menggunakan CAPM. karena secara teori CAPM dapat meperhitungkan secara wajar. namun untuk rate of return bisa juga dengan keinginan investor (terserah investor menginginkan berapa return nya)

      Delete
    2. bagaimana menghitung rate of return menggunakan CAMP pak?

      Delete
    3. Mungkin maksud anda CAPM ya? ada di post saya yang lainnya coba di cek http://finance-bro.blogspot.co.id/search/label/CAPM

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. pak klu cari return IHSG itu data yang digunakan apa kan banyak ada open close volume dll pak..

    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa saya balas semua pertanyaannya,
      Untuk data tergantung kebutuhan untuk memakai datanya. tetapi kebanyakan memakai data close, karena close menjadi patokan harian harga saham.
      \
      Thanks

      Delete
  7. apakah untuk menghitung return saham caranya juga sama seperti di gambar pak ? mohon penjelasannya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghitung return dasarnya seperti itu, dapat digunakan untuk harga saham maupun harga obligasi. Semoga membantu ya.

      Delete
  8. pak saya butuh sekali menghitung return saham,di gambar kurang jelas,bisakah bapak kirimkan contoh perhitungan di exel nya pak ke email saya rifatulkhoiro@gmail.com
    terimakasih pak..

    ReplyDelete
  9. pak saya butuh sekali menghitung return saham,di gambar kurang jelas,bisakah bapak kirimkan contoh perhitungan di exel nya pak ke email saya rifatulkhoiro@gmail.com
    terimakasih pak..

    ReplyDelete
  10. pak saya ingin menanyakan, apakah teori return pasar itu berkaitan dengan model CAPM ? atau mungkin bapak mempunyai referensi mengenai return pasar? mohon bantuannya ya pak, mohon ketersediannya untuk menjawab pak. terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  11. Pak, menghitung CAR ( koefisien respons laba) seperti apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. up.. sama nanya perhitungan ERC

      Delete
    2. Mau tanya ttg erc juga dong :(

      Delete
    3. up, mohon bantuannya cara menghitung erc.. help please

      Delete
  12. Pak, apakah kalau saya pakai data bulanan selama tahun 2012-2014 (selama 3tahun) sudah bisa menghasilkan hasil analisis portofolio yg akurat??

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya akurat atau tidak data adalah relative, tetapi jika ingin menggunakan data selama 3 tahun perlu konsistensi saja, seperti 3 tahun return pasar, 3 tahun return saham/portfolio nya dan sebagainya.

      semoga membantu

      Delete
  13. pak saya mau tanya bagaimana klo tepat 1 hari sebelumnya ada libur nasional? apakah Pt-1 dianggap nol atau menggunakan nilai open pada Pt1? Mohon pencerahannya pak.

    ReplyDelete
  14. Pak saya mau nanya..saya memakai data bulanan untuk mencari return saham, pertanyaan saya..bagaimana bila di dalam data bulanan tersebut muncul dividen..apakah dividen tersebut diabaikan dlm perhitungan return saham? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  15. Pak saya mau tanya cara memasukan data return saham harian kedalam spss itu bagaimana....karena saya bingung data yg mana yang harus di masukan..

    ReplyDelete
  16. Pak kalau formula rate of return di excel itu gimana ya

    ReplyDelete
  17. maaf pak, saya pakai data tahunan , bisa minta pecerahanya kh, maaf pak saya sangat kesulitan.

    ReplyDelete
  18. selamat siang pak,
    Bagaimana caranya menghitung return saham per triwulan ? terimakasih

    ReplyDelete
  19. malam pak, bagaimana cara menghitung return saham per triwulan ya pak? mohon pencerahanya pak. maaf pak, saya kesulitan sekali:( terimakasih

    ReplyDelete
  20. Sore pak. Sy mau nanya klo return ihsg 2015 kok minus y. Saya ambil data dr 1 jan 2015 smpe 30 des 2015,, mohon pencerahanya y pak thkx

    ReplyDelete
  21. Siang pak,itu di bagi 500 nya dari mana iyaa ?? Mohon respon pak,ada tugas di kumpul Kamis tanggal 11 Januari 2018 pak,terima kasih

    ReplyDelete

  22. Cara Download Data Saham IDX di

    Youtube Channel : Investama Saham

    Atau di

    http://rekomendasi-saham.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. cara dapat data ihsg closenya gmn yah pa?
    thanks

    ReplyDelete
  24. Maaf oak mau nanya, untuk menghitung return harian itu, jika didapatkan volume 0 pada data historis yang di download di yahoo finance, apakah valume 0 itu berpengaruh? Apakah data yang bervolume 0 tidak dapat digunakan? Terimakasih

    ReplyDelete
  25. dimana saya mendapatkan data harga saham penutupan tahun 2017? mohon bantuannya.. sebab saya sedang dalam tahap penyusunan skripsi. terimakasih :)

    ReplyDelete
  26. Pak maaf kebetulan saya sedang nyusun dan saya mendapat fenomena nya tp fenomena dgn hasil perhitungan tida sama bagaimana ya pak apakah perhitungan yang salah apa gimana?

    ReplyDelete
  27. misi pak,mau menanyakan perihal data abnormal return, tva, dan market cap dll itu bisa didapet dimana ya? atau harus menganalisis sendiri lewat rumus2 yang bapak jelaskan diatas ? terimakasih

    ReplyDelete
  28. mau tanya min, cara menghitung return saham triwulan sama tahunan apakah sama cara menhitungnya?

    ReplyDelete